Kamis

MENELITIK ARSITEKTUR HONGKONG BANK


Hongkong Bank merupakan gedung utama dari HSBC yang difungsikan sebagai pusat bisnis di kota Hongkong, berlokasi di 1 Queen's Road Central, Central, Hong Kong. Bangunan bergaya ekspresionisme struktural ini, dibangun pada tahun 1983 sampai 1985 dengan menghabiskan biaya sekitar US $ 780.000.000. Hong Kong Bank memiliki tinggi 178.8 meter, dengan luas 99.000 m2, terdapat 44 lantai dengan 28 lift atau elevator Hong Kong Bank dirancang oleh Arsitek Inggris, Lord Norman Foster dengan Wimpey internasional sebagai kontraktor utamanya.

Statue Square 
Statue Square adalah area pejalan kaki untuk umum berbentuk persegi di Central, Hong Kong. Statue Square dibangun pada tanah reklamasi pada akhir abad 19, dan terdiri dari dua bagian yang terpisah oleh Charter Road ke arah utara dan selatan. Statue Square ini berbatasan dengan HSBC Headquarters pada bagian timur, The Old Supreme Court Buildingpada bagian barat, Connaught Road Central pada bagian utara dan Des Voeux Central serta The Star Ferry Terminal pada bagian selatan.


Nama Statue Square sendiri berasal dari The Statues, patung-patung di dalamnya, yang kebanyakan merupakan patung Keluarga Kerajaan Inggris, yang berada di Statue Square selama pendudukan Jepang di Hong Kong pada Perang Dunia II. Sampai hari ini, satu – satunya patung yang terdapat di Statue Square adalah patung Sir Thomas Jackson, Baronet pertama, banker HSBC terdahulu. Patung ini diresmikan pada tanggal 24 Februari 1906 oleh Gubernur Sir Matthew Nathan.

Sculpture
Pada pintu utama Hongkong Bank terdapat dua singa perunggu/yang dibuat oleh WW Wagstaff, seorang pematung Inggris. Kedua singa ini dikenal sebagai Stephen dan StittNama Stitt berasal dari Gordon H Stitt yang merupakan Manajer Shanghai, sedangkan patung singa yang mengaum adalah Stephen, berasal dari Alexander Gordon Stephen/yang merupakan Kepala Manajer HSBC. Stephen memiliki bekas luka di tubuh bagian belakang, yang berasal dari pertempuran Hongkong di masa lampau. Orang China percaya bahwa Stephen dan Stit membawa feng shui yang baik bagi bank. Pengunjung yang mengelus badan kedua singa ini, dipercaya akan mendapatkan kekuasaan dan kekayaan, sementara bagi pasangan muda yang membawa balitanya dan mengelus badan kedua singa ini, akan mendapatkan keberuntungan dan kemakmuran.

Norman Foster
Norman Robert Foster, Lord Foster of Thames Bank yang lahir pada 1 Juni 1935 adalah arsitek Inggris yang perusahaannya, Foster and Partners, mempertahankan praktek desain internasional yang terkenal untuk high-tech architecture. Dia adalah salah satu arsitek Inggris yang paling produktif dari generasinya. Pada tahun 1994, ia menerima medali emas AIA. Pada tahun 1999, ia dianugerahi Pritzker Architecture Prize, yang sering disebut dengan Hadiah Nobel arsitektur. Pada tahun 2009, Foster dianugerahi Prince of Austrias Award dalam kategori seni.

Langgam dan Fasad
Hongkong Bank menganut gaya modern dan ekspresionisme struktural dengan menampilkan warna dominan abu-abu muda, untuk mengangkat image high – tech architecture. High – tech architecture merupakan langgam arsitektur yang mengekspose teknologi, struktur dan utilitassehingga menjadi elemen yang menarik dan memberi kesan futuristik. Bangunan ekspresionis structural memperlihatkan strukturnya pada bagian luar maupun di dalam, namun penekanan visual ditempatkan pada baja internal atau struktur rangka beton sebagai perbandingan dengan dinding eksterior beton.

Menurut ahli fengshui, bentuk simetris Hongkong Bank ini berpengaruh pada kestabilan perekonomian. Desain fasad berupa anak panah yang mengarah ke atas melambangkan perkembangan dan perluasan.

Public Place HSBC
Keberadaan ruang terbuka public di Hong Kong rupanya menjadi kompetisi dengan ruang – ruang komersil akibat pola morfologi dan densitas yang tinggi. Salah satu pemerintah Hong Kong dalam menyediakan ruang public adalah dengan menerapkan public – private partnership, atau yang dikenal dengan Privately Owned Public Space (POPS). Hal ini didasarkan atas prinsip pencahayaan dan penghawaan di level dasar serta control terhadap keseluruhan besaran bangunan. HSBC Headquarters ini menyediakan ruang public pada area lantai dasarnya, dimana pada hari kerja, area ini terlihat eksklusif bagi para white-collar worker, sementara pada hari Minggu, area ini akan dipenuhi oleh banyak penduduk Hong Kong maupun para imigran.

Struktur
Sesuai dengan gaya Arsitektur yang diterapkan, sistem struktur yang digunakan pada Headquarters HSBC ini adalah rangka baja eksoskeleton dimana rangka dari struktur bangunan diperlihatkan dan menjadi elemen estetis pada facadenya. Struktur Headquarters HSBC mirip dengan struktur jembatan, yaitu plat lantai digantung pada beberapa pasang tiang yang berbentuk seperti chevron dan ditopang oleh delapan tiang baja yang menyalurkan beban vertikal ke tanah. Selain berfungsi untuk menyalurkan beban vertikal, delapan tiang baja ini juga berfungsi untuk menahan beban lateral yang berasal dari sisi kanan dan kiri bangunan, sedangkan guna menahan beban lateral yang berasal dari sisi depan dan belakangan, di antara empat tiang yang berada di sisi depan dan empat tiang yang berada di sisi belakang bangunan diberi rangka tambahan berentuk X.

Ciri utama dari HSBC Headquarter adalah ketiadaan struktur pendukung internal. Karena keadaan mendesak untuk menyelesaikan proyek ini, konstruksi bangunan sangat bergantung pada prefabrikasi luar, yaitu komponen yang diproduksi di seluruh dunia. Contohnya, baja structural yang berasal dari Inggris, kaca, alumunium dan lantai yang berasal dari Amerika Serikat serta modul yang berasal dari Jepang.

Bagian terbalik “va” dari tiang penopang gantung yang merentangkan konstruksi pada delapan tingkat adalah karakteristik yang paling terlihat dari bangunan. Struktur ini terdiri dari delapan kelompok, yaitu empat kolom berlapis baja yang naik dari pondasi atas melalui struktur inti, dan lima tingkat dari tiang penopang gantung segitiga yang terkunci pada tiang – tiang tersebut.

Interior
Hongkong Bank menampilkan warna dominan abu-abu muda untuk  mononjolkan kokohnya struktur bangunan ini. Bangunan ini menggunakan lima desain modul baja prefabrikasi yang diproduksi di Inggris. Total berat keseluruhan modul baja tersebut mencapai 30.000 ton baja untuk struktur utama maupun pendukung dan 4.500 ton bahan aluminium/yang digunakan sebagai penutup dari struktur baja. Setiap lantai/berorientasi melingkar ke atrium di mana terdapat tanaman hijau yang mengimbangi tiang baja abu-abu, melambangkan keseimbangan antara Yin dan Yang.

Utilitas
Salah satu ciri penting dari bangunan ini adalah sinar matahari alami yang merupakan sumber utama pencahayaan yang masuk ke dalam bangunan. Bangunan ini merupakan bank dengan kaca besar pada bagian atas atriumnya, yang dapat merefleksikan sinar matahari alami ke dalam atrium yang kemudian turun ke dalam plaza. Melalui penggunaan sinar matahari, desain ini membantu menghemat energi. Selain itu, bayangan matahari mengenai fasad eksternal untuk menghalangi sinar matahari langsung yang masuk ke dalam bangunan dan mengurangi panas. Sebagai ganti air tawar, air laut digunakan sebagai pendingin untuk sistem pendingin udara.

Semua lantai terbuat dari panel ringan yang dapat bergerak, yang merupakan letak seluruh jaringan dari daya, telekomunikasi dan sistem pendingin udara. Desain ini memungkinkan perangkat seperti terminal computer lebih cepat dan mudah untuk diinstal.

Bangunan ini dipasang dengan 716 unit pencahayaan, termasuk 450 macam lampu pijar warna yang berubah-ubah pada ruang tangga dari kaca, dengan 600 lampu eksterior dan 200 macam lampu di lima lantai, 8 lampu sorot dan lebih dari 1 km lampu LED yang menyinari langit pada malam hari. biaya instalasi ini diperkirakan mencapai HK $ 5,5 juta. HSBC selalu mengadopsi skema pencahayaan baru karena Foster tidak menaruh banyak perhatian pada pencahayaan malam hari.




Share:

0 komentar:

Posting Komentar