Kamis

BERKELILING DUNIA DALAM SEKEJAP DI SHENZHEN [WINDOW OF THE WORLD & SPLENDID CHINA]

Jika Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan replika bangunan dan ikon daerah yang ada di Indonesia, maka Window of The World merupakan replika monumen dari berbagai negara di dunia. Tempat wisata yang berdiri pada tahun 1994 ini usianya ternyata lebih muda dari Taman Mini Indonesia Indah yang diresmikan tahun 1975. Dimanjakan dengan sederet replika berbagai objek keajaiban dunia, warisan sejarah, hingga situs pemandangan menakjubkan dari berbagai belahan dunia di dalam kawasan seluas  480.000 meter persegi  yang terletak tepat di sebelah Splendid China.



Di tempat ini pengunjung dapat berkeliling mulai dari zona benua seperti Amerika, Asia, Eropa, dan Afrika, hingga beberapa zona menarik lainnya seperti Taman Patung, World Oceania, World Square, serta sebuah zona bernama International Street. Berada di sepanjang zona benua, para pengunjung akan disuguhkan oleh pesona dari lebih kurang sekitar 130 jenis koleksi replika atau miniatur berbagai jenis bangunan serta landmark terkenal. Salah satunya miniatur Menara Eiffel dari Paris. Terdapat pula sebuah replika atau miniatur dari salah satu gunung berapi paling terkenal dipulau Hawaii yang dirancang secara khusus agar dapat menyemburkan air.  Ada juga miniatur air terjun terkenal benama Niagara, Istana Buckingham, Istana St Petersburg, Istana Versailles, Menara Pisa, Katedral Notre Dame, Acropolis, Taj Mahal, Sydney Opera House, dan masih banyak lagi.

Salah satu daya tarik lain dari WOW adalah beberapa acara panggung hiburan, di antaranya Festival Musim Semi, Cherry Festival, Pekan Kebudayaan India, Beer Festival International, Pop Music Festival, Festival Musim Panas, hingga sederetan festival menarik khas dari berbagai negara lainnya.
Berlanjut ke Splendid China yang terletak tidak jauh dari WOW berada, Splendid China mempunyai konsep yang sama dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), yaitu membuat miniatur dan dikumpulkan di dalam satu tempat. Tempat ini sendiri merupakan taman dengan replika terluas di dunia. Menempati luas 30 hektar, Splendid China menyajikan sejarah 5000 tahun yang lalu melalui 84 miniatur bangunan dengan skala 1:15. Beberapa miniatur yang bisa ditemukan adalah the Great Wall of China, the Imperial Palace, the Temple of Confucius, dan the Three Gorges of the Yangtze River.

Selain miniatur ikon kota-kota di Tiongkok, Anda juga bisa menyaksikan beberapa atraksi sejarah Tiongkok seperti pertarungan Genghis Khan. Agar tidak capai mengelilingi area ini, Anda disediakan bus yang membawa Anda berkeliling Splendid China.
Selesai melihat Splendid China, mampirlah ke China Folk Culture Village yang menampilkan replika dalam ukuran yang sebenarnya. Menempati total area 18 hektar, China Folk Culture Village menampilkan cara hidup dari 24 etnis mewakili 56 kebudayaan yang ada di Tiongkok. Disini, Anda bisa melihat bagaimana cara hidup masing-masing etnis yang berada di Tiongkok melalui arsitektur, permainan sehari-hari, atau pakaian.
Di Splendid China kita dapat menonton banyak pertunjukan kecil dari masing masing provinsinya. Terdapat juga beberapa show besar, yang pertama adalah pertunjukan ketangkasan kuda dimana para pengendaranya memakai kostum China kuno lengkap dengan senjata jaman perang.Setelah pertunjukan kuda yang sangat memukau, kita dapat melihat Impressions theater, di dalamnya pertunjukan yang berjalan selama 1 jam ini, dapat dilihat tari-tarian dari segala penjuru provinsi China Tiongkok, dibagi menjadi beberapa segmen, semua penarinya cantik-cantik dan tinggi-tinggi, dengan kostum-kostum yang mewah dan anggun, sayang di dalam theater ini kita tidak boleh mengambil gambarnya.Seluruh pertunjukan yang disajikan akan ditutup dengan pertunjukan puncak yang dilakukan secara kolosal dan mewah.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar